Beberapa dari OtoFriends mungkin masih asing dengan istilah slip angle. Slip angle atau juga disebut dengan sudut selip merupakan sudut antara arah roda depan atau roda belakang mobil dengan arah pergerakan mobil.

Mengutip dari laman Repository UNEJ, slip angle atau sudut selip akan memengaruhi nilai rolling resistance ban mobil. Rolling resistance ban mobil merupakan gaya yang digunakan oleh ban mobil untuk melawan arah gerakan. 

Jadi, ketika ban mobil berbelok atau menikung, maka akan muncul sudut selip dan akan membuat nilai rolling resistance ban meningkat. 

Untuk memahami lebih jelas lagi terkait slip angle, fungsi, hingga ukuran idealnya, simak pada ulasan berikut ini, ya!

Apa Itu Slip Angle?

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, sudut selip atau slip angle merupakan sudut antara arah roda dengan arah pergerakan mobil. 

Slip angle ini memiliki peranan yang cukup besar pada sistem kemudi serta berpengaruh pada geometri kemudi. 

Setiap mobil umumnya memiliki slip angle yang berbeda-beda yang bisa membantu dalam mencengkeram ban mobil. 

Selain itu, slip angle juga berhubungan dengan gaya lateral pada ban mobil serta kekakuan sudut saat menikung. 

Fungsi Slip Angle

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fungsi pada slip angle yang perlu kamu ketahui.

1. Mampu Meningkatkan Cengkeraman Ban Mobil

Fungsi pertama dari sudut selip yakni bisa meningkatkan cengkeraman pada ban mobil. Ketika sudut selip diperbesar, maka gaya lateral yang dihasilkan juga bisa meningkat.

Hal ini pun berbanding lurus dengan peningkatan cengkeraman pada ban mobil, sehingga mobil pun bisa mempertahankan traksi ketika menikung. 

2. Mampu Melakukan Pengendalian

Fungsi pada slip angle berikutnya adalah mampu untuk melakukan pengendalian, khususnya ketika mobil menikung. 

Jadi, OtoFriends pun dengan mudah bisa mengendalikan mobil ketika berbelok atau pun menikung. Berkendara pun jadi lebih aman. 

3. Mobil Jadi Stabil

Fungsi berikutnya yang tak kalah penting adalah bisa meningkatkan kestabilan mobil saat berbelok atau menikung. 

Pada beberapa kasus, slip angle yang ditingkatkan bisa mengurangi masalah understeer atau oversteer. 

4. Performa Mobil Meningkat di Lintasan Balap

Slip angle juga memiliki peranan penting khususnya untuk mobil balap, karena performa mobil balap jadi bisa meningkat. 

Selain itu, cengkeraman pada ban mobil juga jadi lebih bagus serta kecepatan ketika menikung jadi meningkat.

Berapa Besar Slip Angle yang Ideal?

Sebagai informasi, ukuran slip angle yang ideal pada setiap ban mobil bisa berbeda-beda. Hal ini bergantung pada jenis mobil, kecepatan, hingga kondisi permukaan jalan. 

Bagusnya, sudut selip tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar. Sebab, sudut selip yang terlalu besar bisa mengakibatkan mobil jadi kehilangan traksi dan juga tidak stabil. 

Lalu, jika sudut selip terlalu kecil, maka akan kesulitan merespons kemudi dengan cepat dan mobil pun tidak bisa dikendalikan. 

Mengutip dari laman simpletire.com, ukuran slip angle yang ideal adalah sekitar 5-10 derajat. Namun, OtoFriends dapat berkonsultasi dengan ahlinya sebelum menentukan sudut selip untuk mobil agar tetap aman. 

Pertanyaan seputar Slip Angle

Slip angle atau juga disebut dengan sudut selip merupakan sudut antara arah roda depan atau roda belakang mobil dengan arah pergerakan mobil.

Ada banyak fungsi slip angle, di antaranya adalah mampu meningkatkan cengkeraman ban mobil, mampu melakukan pengendalian, mobil jadi stabil, performa mobil meningkat di lintasan balap.

Ukuran slip angle yang ideal adalah sekitar 5-10 derajat. Namun, OtoFriends dapat berkonsultasi dengan ahlinya sebelum menentukan sudut selip untuk mobil agar tetap aman.