Coil spring atau per keong merupakan jenis per yang saat ini jadi pilihan untuk mobil-mobil keluaran terbaru. Perlu dipahami bahwa per atau pegas merupakan salah satu komponen penting pada suspensi mobil.

Alasan mengapa coil spring lebih banyak digunakan pada mobil modern karena memiliki efektivitas yang besar. Efektivitasnya dianggap mampu menghadirkan keuntungan besar bagi sistem suspensi kendaraan.

Sebagai pemilik kendaraan, sudah sewajarnya bila OtoFriends mengetahui apa itu coil spring. Berikut Otoklix bagikan informasi lengkap terkait coil spring, mulai dari fungsi hingga harganya.

Apa Itu Coil Spring?

Coil spring (per keong) adalah jenis per berbentuk spiral yang dipasang di antara dua bagian suspensi mesin mobil untuk melindungi dari benturan atau menyimpan energi dan mengembalikannya saat diperlukan. 

Komponen ini terbuat dari dari baja yang kuat dan punya daya tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan, temperatur dan tekanan beban. Umumnya coil spring biasa digunakan untuk kendaraan kecil yang lebih mementingkan kenyamanan penumpangnya, seperti mobil sedan.

Per keong merupakan pengembangan dari per daun yang mulai ditinggalkan karena dianggap kurang nyaman. Per jenis ini bukan hanya memberikan kenyamanan saat berkendara saja, tapi juga memberi kemampuan menahan body roll saat mobil bermanuver ekstrem.

Coil spring mampu meminimalisir gesekan antar pegas yang dapat menyebabkan getaran pada bodi mobil. Sayangnya, coil spring tidak memiliki sifat menyerap kejutan yang baik. Untuk menutupi kekurangan ini, dipasanglah shock breaker yang digunakan bersamaan.

Baca juga: Ciri shockbreaker Mobil yang Bagus, Jangan Salah Pilih!

Fungsi Coil Spring

Akselerasi kendaraan yang maksimal tidak hanya mengacu pada sistem penggerak atau mesin saja, namun juga harus diimbangi dengan sistem suspensi. Penggunaan coil spring dalam sistem ini berfungsi untuk menyerap getaran dan kejutan saat berkendara di jalan yang tidak rata. 

Selain itu, coil spring juga memiliki beragam fungsi sebagai berikut:

1. Mengurangi getaran pada bodi mobil

Coil spring didesain sedemikian rupa agar lebih tahan dalam meredam kejutan yang dapat membuat getaran pada bodi mobil. Hal ini tentu akan mendukung mobil dalam memperoleh kenyamanan secara maksimal ketika dipakai berkendara. 

Kita sebagai pengendaranya pun juga tetap mampu menjalankan mobil dengan stabil meski dalam kecepatan tinggi sekalipun. Coil spring ini juga telah terbukti dapat menyerap getaran dengan frekuensi yang cukup tinggi.

2. Mengurangi jarak pengereman

Tahukah OtoFriends jika coil spring yang dipasang di bagian depan, maka akan membantu dalam mengurangi gejala menukik yang terjadi ketika proses pengereman? Hal tersebut bisa membantu mengurangi jarak pengereman ketika kita mengerem secara mendadak atau panic braking.

3. Meningkatkan stabilitas dan handling

Gejala body roll pada mobil akan berkurang karena berkurangnya shock absorber. Alhasil, stabilitas dalam kecepatan yang tinggi akan tetap baik. Selain itu, handling ketika bermanuver akan lebih tinggi pula. Meskipun dalam kecepatan yang tinggi, penggunaan coil spring bisa membantu kondisi penumpang agar tetap dalam keadaan yang nyaman dan stabil.

4. Mengurangi gesekan

Coil spring juga memiliki fungsi agar gesekan pada kendaraan dapat berkurang. Coil spring akan membantu menahan suspensi, sehingga tekanan pada suspensi karena muatan penuh akan berkurang. Hal ini juga berfungsi ketika melewati lubang dan polisi tidur.

Cara Kerja Coil Spring

Cara kerja coil spring sebenarnya sangatlah sederhana. Namun, dibutuhkan dudukan pegas (spring seat) yang dipasang di kedua ujung coil spring agar lebih bekerja optimal.

Dudukan pegas ini tujuannya agar beban bekerja tetap lurus pada dudukan dan batang-batang penjamin (support bar) seperti upper arm, strut bar, atau lateral rod untuk mencegah timbulnya gaya-gaya lain yang dapat mengganggu kestabilan.

Ketika ada guncangan atau beban kejut yang berasal dari roda, coil spring akan mereduksinya melalui ulir. Caranya dengan mengompres energi prospektif dan mengembalikannya menjadi energi kinetik. 

Kapan Harus Ganti Coil Spring?

Sama seperti komponen mobil lainnya, coil spring juga memiliki batas pemakaian. Walau sangat jarang terjadi, per patah adalah kondisi yang mengharuskan komponen tersebut untuk diganti. Hal ini pada umumnya terjadi karena penggunaan mobil yang tidak tepat sasaran, semisal mobil penumpang dibuat untuk mengangkut beban barang berlebihan dalam waktu lama.

Untuk coil spring mobil penumpang yang membawa beban tidak berlebihan, seperti Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan Toyota Innova seharusnya berfungsi dengan baik selama usia mobilnya asalkan tidak pernah dimodifikasi.

Per yang sudah dimodifikasi, misalnya dipotong untuk mendapatkan ground-clearance yang lebih rendah, sebaiknya juga dikembalikan ke spesifikasi standar bawaan pabrik. Sebab, spesifikasi coil spring yang tidak tepat berpotensi mengurangi kenyamanan penumpang.

Sebelum melakukan penggantian, pastikan ukuran mangkok dan tinggi per. Gunakan coil spring yang sama tingginya dengan shockbreaker untuk mencegah guncangan.

Baca juga: Berapa Jangka Waktu Service Mobil yang Tepat?

Harga Coil Spring

Jika terjadi kerusakan pada coil spring seperti patah, maka OtoFriends harus menggantinya dengan yang baru. Ini berbeda dengan per daun yang hanya perlu mengganti bagian yang patah saja. Sebelum mengganti, tanyakan dulu coil spring apa yang cocok ke bengkel terdekat.

Coil spring bisa dibeli di marketplace dengan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari mereknya. Sebaiknya, siapkan dana lebih sebagai biaya untuk pemasangan coil spring di bengkel terdekat.

Melihat fungsinya, penting bagi OtoFriends untuk senantiasa melakukan perawatan seperti servis secara berkala agar masalah yang dialami oleh komponen mobil, termasuk coil spring dapat terdeteksi. 

OtoFriends bisa menjadwalkan servis mobil rutin atau booking melalui aplikasi Otoklix. Di sana, ada banyak promo yang bisa kita temukan dan gunakan untuk servis atau sekadar cuci mobil dengan harga yang terjangkau. 

Otoklix merupakan aplikasi booking service mobil yang telah bekerja sama dengan 2.000+ bengkel umum se-Jabodetabek. Harganya transparan karena OtoFriends hanya perlu membayar sesuai dengan harga yang tertera saat booking. Segera booking servis di aplikasi Otoklix sekarang juga!

Pertanyaan Seputar Coil Spring

Coil spring (per keong) adalah jenis per berbentuk spiral yang dipasang di antara dua bagian suspensi mesin mobil.

Penggunaan coil spring pada suspensi mobil berfungsi untuk menyerap getaran dan kejutan saat berkendara di jalan yang tidak rata.

Per keong memiliki kemampuan menahan beban sangat baik karena terbuat dari dari baja yang kuat dan punya daya tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan, temperatur dan tekanan beban.