Perjalanan semakin kurang nyaman bila kita mencium AC mobil bau. Sekalipun sudah ditambahkan pengharum kabin mobil tetapi aroma kurang sedap yang berasa dari air conditioner (AC) mobil masih tercium. Berarti persoalannya bukan karena mobil tidak menggunakan pengharum.

AC mobil berfungsi sebagai penyejuk dan pendingin ruang kabin mobil. Dengan menyalakan AC maka kita tetap terasa sejuk dan dingin sekalipun udara di luar lagi panas-panasnya. Untuk meningkatkan kenyamanan OtoFriends bisa menambahkan pengharum AC mobil yang bisa ditemukan di supermarket terdekat.

Akan tetapi, layaknya komponen mobil yang perlu dirawat dan diperbaiki bila rusak, AC mobil bisa saja rusak dan mengeluarkan aroma kurang sedap, apalagi bila AC mobil bau dan tidak ingin. Oleh sebab itu, yuk cari tahu penyebab dan cara menghilangkan bau AC mobil.

Penyebab AC Mobil Bau

Ada berbagai aroma kurang sedap atau bau yang bisa ditimbulkan dari AC yang rusak. Misalnya saja AC mobil bau pesing, bau tikus, hingga AC mobil bau solar atau bensin. Setiap bau yang dikeluarkan memiliki penyebabnya masing-masing. Untuk mengatasinya, kita perlu mencari tahu penyebab dari bau yang keluar dari AC mobil.

1. Evaporator Bocor

Penyebab pertama AC bau sehingga menjadi tidak dingin adalah evaporator AC mobil penuh dengan kotoran serta berlendir. Ini mengganggu sistem kerja AC karena ketika kondisinya kotor maka bisa menimbulkan jamur serta bakteri di dalamnya. 

Semakin banyak jamur dan bakteri, AC mobil akan tercium bau tidak sedap. Evaporator juga bisa mengalami kebocoran karena terlalu penuh dengan kotoran tersebut. 

Jadi semakin besar kebocoran dan sisa freon, kian terasa pula baunya. Tentu ini sangat mengganggu sistem pernapasan saat berkendara karena ada bau tidak sedap di dalam mobil.

Baca Juga: AC Double Blower: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Merawatnya

2. Filter Kotor

AC mobil bau umumnya disebabkan oleh filter AC yang kotor. Debu dan kotoran menumpuk pada filter akan menimbulkan jamur yang menyebabkan munculnya aroma tidak sedap ketika AC dinyalakan.

3. Freon AC yang Mau Habis

Penyebab lainnya AC mobil bau dan tidak dingin adalah freon yang hampir habis. Saat freon mau habis, AC yang menyala hanya mengeluarkan angin, bukan udara dingin. 

Sebab, kompresor tidak berhenti bekerja saat AC mobil hidup meski freonnya sudah hampir habis. Akibatnya, bau tak sedap akan masuk ke dalam kabin. 

4. Ada Bangkai Binatang

Penyebab paling mengganggu dan cukup fatal dari AC mobil bau adalah adanya bangkai binatang yang masuk ke dalam komponen AC. 

Tak dipungkiri, ketika mobil diparkir, bisa saja ada binatang, seperti tikus, kecoa, atau cicak masuk ke dalam komponen mobil. Saat binatang mati maka akan menjadi bangkai sehingga timbul bau sangat tidak sedap. 

5. Ventilasi Kurang Baik

Ketika dalam perjalanan dan macet, lalu timbul bau tak sedap pada AC mobil, bisa saja ini karena udara sekitar sedang tidak baik. 

Misalnya saat OtoFriends terjebak macet di antara truk atau kendaraan lainnya yang memiliki asap knalpot yang pekat. Namun, itu semua bisa dihindari jika OtoFriends memiliki ventilasi (grill) mobil yang baik. 

6. Grill Kotor

Penyebab terakhir AC mobil bau dapat berasal dari grill yang kotor. Sebagai informasi, grill merupakan komponen mobil bagian depan atau dashboard yang berbentuk seperti ventilasi. 

Grill digunakan sebagai filter udara di dalam kabin. Jika grill mobil kotor dapat menimbulkan bau yang tidak sedap di dalam kabin. 

Seperti saat AC dinyalakan, bau tersebut muncul dan mengganggu kenyamanan. Umumnya grill yang kotor disebabkan oleh debu dan kotoran yang terlalu menumpuk.

Ketika sudah tahu apa saja penyebab dari AC mobil bau, OtoFriends juga perlu memahami bagaimana cara menghilangkan bau AC mobil. Berikut pembahasan lengkapnya. 

Baca Juga: Fungsi Kondensor AC Mobil, Rawat Supaya AC Selalu Dingin

7. Asap Rokok

Kebiasaan buruk merokok di dalam mobil harus ditinggalkan. Meskipun AC mobil dalam keadaan mati, kebiasaan merokok tersebut tetap harus dihindari. 

Sebab asap rokok akan menempel di dalam ruang kabin mobil seperti menempel di bagian jok atau kursi penumpang, karpet mobil, dasbor mobil hingga plafon.

Asap-asap rokok yang menempel tersebut sulit dibersihkan sehingga aroma yang keluar jadi kurang sedap sekalipun kita telah menggunakan pewangi mobil.

8. Asap Knalpot

Selain masuk melalui ventilasi jendela, asap knalpot yang berasal dari kendaraan lain seperti truk bisa masuk ke dalam komponen mobil melalui celah-celah terkecil pada bagian terluar mobil. Asap knalpot tersebut bisa masuk ke dalam sistem atau mesin pendinginan sehingga menciptakan bau pada AC mobil.

9. Pewangi atau Parfum Mobil Tak Pernah Diganti

Tujuan penggunaan pengharum AC mobil untuk menambah kesejukan dan kenyamanan berkendara. Namun bagaimana bisa yang terjadi pengharum AC mobil tersebut justru memperparah kondisi karena menimbulkan bau.

Ada tiga penyebab pengharum atau parfum AC mobil dapat mengeluarkan bau. Pertama kualitas pengharum yang rendah menjadi penyebab utamanya.

Kadar alkohol di dalam pengharum AC yang tinggi justru menciptakan bau asam yang kurang nyaman. Bila membeli pengharum AC mobil, cermati kadar alkohol yang terkandung di dalamnya.

Kedua karena pengharum tersebut sudah lama digunakan dan dalam kondisi habis. Ketiga aroma pengharum bercampur dengan kotoran dan debu yang mengendap pada kabin mobil sehingga menciptakan aroma kurang sedap.

10. AC Mobil Bau Bensin

Bau bensin bisa saja keluar dari AC mobil, namun kondisi ini membuat kita kurang nyaman saat berkendara. AC mobil bau bensin ini terjadi karena adanya kerusakan pada tangki bensin. 

Tangki bensin yang tertutup kurang rapat sehingga cairan bensin dan aromanya dapat keluar begitu saja. Saat mobil mesin mobil menyala, maka bau bensin akan tersebar melalui sirkulasi AC mobil.

Selain itu, bensin yang tumpah di dalam mobil bisa menjadi penyebab AC mobil bau bensin. Umumnya persoalan ini akan terjadi saat kita membawa mobil ke bengkel mobil untuk melakukan servis namun teknisi kurang hati-hati sehingga menumpahkan bensin di bagian dalam mobil.

11. AC Mobil Bau Gosong Disebabkan Overheat

Jenis aroma kurang sedap lainnya yang bisa terhirup dari AC mobil adalah bau gosong. Penyebab AC mobil bau gosong karena mesin AC mobil mengalami overheat.

Saat terjadi overheat, komponen seperti oli kompresor akan rusak. Apabila kita tidak segera mengganti oli kompresor, maka timbul bau gosong.

12. AC Mobil Bau Bangkai dan AC Mobil Bau Tikus

Jenis aroma kurang sedap terakhir yang mungkin saja muncul dari AC mobil yakni bau bangkai binatang atau bau pesing seperti kencing tikus. Tak dipungkiri banyak kejadian di mana mobil yang terparkir semalaman, apalagi bila kita memarkirkan mobil di wilaya outdoor maka resiko ada binatang yang masuk ke dalam mobil semakin besar. 

Binatang yang terjebak di dalam mobil lama kelamaan bisa mati dan menjadi penyebab AC mobil bau bangkai. OtoFriends bisa mencari bangkai binatang di dalam kabin ataupun di bagian komponen mesin mobil.

Kendati demikian ada penyebab lain yang menyebabkan AC mobil bau bangkai atau bau kencing tikus. Saat mobil dalam kondisi terlalu kotor dan kita jarang membersihkan mobil, maka bau kencing tikus atau bangkai bisa tercium.

Cara Menghilangkan Bau AC Mobil

Sesudah mengetahui penyebab AC mobil bau, maka OtoFriends bisa langsung menghilangkan aroma busuk tersebut dengan cara-cara di bawah ini.

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Menjaga kebersihan kabil menjadi hal utama untuk mengatasi AC mobil bau dan tidak dingin. Adanya kotoran di dalam kabin, seperti debu atau sisa makanan bisa saja masuk ke dalam sistem AC. 

Hal tersebut dapat menimbulkan jamur pada bagian evaporator sehingga muncul bau tak sedap dari AC mobil. Menjaga kebersihan kabin dapat dilakukan dengan cara menyedot debu dengan vacuum cleaner. 

Selain itu, OtoFriends juga bisa menggunakan lap dengan cairan pembersih khusus untuk menjaga kebersihan kabin mobil. 

2. Isi Freon

Cara perawatan AC mobil supaya tidak mudah bau adalah mengisi freon yang mau habis. Selain dapat menghilangkan bau, freon juga dapat mengembalikan udara dingin AC yang sebelumnya sempat hilang. 

3. Bersihkan Evaporator

Langkah selanjutnya untuk menghilangkan bau AC mobil yang tidak sedap adalah membersihkan evaporator. Ini supaya tak ada lagi jamur atau kotoran lainnya yang mengendap menyebabkan AC mobil menjadi bau. 

Sebagai informasi, evaporator AC mobil merupakan komponen pendingin yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara lalu menyalurkannya ke refrigerant atau zat pendingin pada AC. 

4. Hindari Merokok di Dalam Mobil

Usahakan untuk tidak merokok di dalam mobil. Sebab, asap rokok bisa saja terserap pada AC sehingga menimbulkan bau tidak sedap saat AC dinyalakan. 

Bau asap rokok yang sudah menempel di kabin biasanya susah hilang meskipun sudah berhari-hari. 

5. Segera Bawa ke Bengkel

Jika AC masih bau setelah OtoFriends mencoba mengatasinya dengan cara-cara tersebut, segeralah bawa mobil ke bengkel untuk pemeliharaan lebih lanjut. Jangan terus mencoba mengatasinya sendiri jika tidak memiliki pemahaman mendalam mengenai komponen mobil. 

Alih-alih AC mobil tidak bau lagi, justru kerusakan bisa saja menyebar ke komponen lainnya karena OtoFriends tak segera membawa mobil ke bengkel.

6. Gunakan Parfum Mobil Sewajarnya

Penggunaan pengharum kabin mobil atau parfum AC mobil bisa menjadi penyebab AC mobil bau apabila menggunakannya dalam batas kewajaran, misalnya saja menggunakan pengharum AC mobil dengan kadar alkohol yang tinggi.

Oleh sebab itu, saat membeli pengharum AC mobil, cermati beberapa hal penting seperti kadar alkohol dan masa kadaluarsa. Produk pengharum AC mobil yang sudah memasuki masa kadaluarsa atau sudah melebihi tanggal kadaluarsa biasanya mengeluarkan aroma kurang sedap.

Baca Juga: Kompresor AC Mobil Berisik? Cari Tahu Penyebabnya!

Estimasi Biaya Service AC Mobil

Sebenarnya, biaya perawatan dan perbaikan AC mobil di setiap bengkel berbeda, tergantung dari apa saja penyebabnya, jenis mobil, dan tingkat keparahan kerusakannya. 

Namun untuk estimasi mengisi freon umumnya sekitar Rp100 ribu hingga Rp400 ribu. Sementara untuk membersihkan bagian dalam AC saja estimasi biayanya Rp100 ribu sampai Rp200 ribu. 

Daftar Bengkel AC Mobil di Jabodetabek

Untuk memudahkan OtoFriends merawat dan memperbaiki mobil, berikut ini daftar bengkel AC mobil di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Bengkel AC Mobil Jakarta

1. Kolega Ichan Pietputra

  • Alamat : Jl. Gedong Panjang No. 2, Tambora, Jakarta Barat
  • Telepon : 0858-9015-2835

2. Lancar Jaya Ban

  • Alamat : Jl. Letjend Suprapto No. 78, Johar baru, Jakarta Pusat
  • Telepon : 0896-6172-2966

3. Pondok Labu Motor

  • Alamat : Jl. Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan
  • Telepon : 0812-8117-0044

4. Istana Motor Pondok Gede

  • Alamat : Jl. Raya Pondok Gede No. 23, Cipayung, Jakarta Timur
  • Telepon : 0812-1319-7878

5. Shop&Drive Kelapa Gading Baru

  • Alamat : Jl. Boulevard Barat Blok LC-8, Kelapa Gading, Jakarta Utara
  • Telepon : 0857-0744-4513

Bengkel AC Mobil Bogor

1. Dins Auto Service

  • Alamat : Jl. KH. R Abdullah bin Nuh, Bogor Barat, Kota Bogor
  • Telepon : 0857-1946-6809

2. Sentra Onderdil

  • Alamat : Jl. Raya KS Tubun No. 49, Bogor Utara, Kota Bogor
  • Telepon : 0812-9749-7472 atau 0857-7206-4986

3. Bilabong Motor

  • Alamat : Jl. Sudimampir Ruko Bilabong Blok B, Bojonggede, Kabupaten Bogor
  • Telepon : 0813-8870-2005

4. Kartika Motor

  • Alamat : Jl. Raya Bogor KM 41 No. 62, Cibinong, Kabupaten Bogor
  • Telepon : 0813-1195-3427

5. Tigawe Lamindo

  • Alamat : Jl. Raya Pajajaran No. 91, RT 04 RW 03, Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor
  • Telepon : 0895-1909-9976 atau 0877-1506-2341

Bengkel AC Mobil Depok

1. Mutiara Car Care Center

  • Alamat : Jl. Margonda Raya No. 350, Kemiri Muka, Beji, Kota Depok
  • Telepon : 0819-0500-7050

2. Shop&Drive Margonda Baru

  • Alamat : Jl. Raya Margonda No. 428, Beji, Kota Depok
  • Telepon : 021-1500015 atau 0812-9636-3573

3. Juber Ac Mobil

  • Alamat : Jl. Radar Auri No. 96, Cisalak, Sukmajaya, Kota Depok
  • Telepon : 0813-8689-0203

Bengkel AC Mobil Tangerang

1. Gunza Jaya Motor

  • Alamat : Jl. Raden Saleh No, 7E RT 001 RW 002, Karang Mulya, Karang Tengah, Tangerang, Kota Banten
  • Telepon : 0812-1323-6377

2. Lima Bersaudara

  • Alamat : Jl. Sukamulya Raya No. 46, Ciputat, Kota Tangerang Selatan
  • Telepon : 0819-0523-2849

3. Autolux

  • Alamat : Ruko Sentra Karawaci Blok 1 & C33, Jl. Pawon Raya, Jl Besi Raya Perumnas II RT 07, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang
  • Telepon : 0812-8260-0888

Bengkel AC Mobil Bekasi

1. Family Andalan Autocare

  • Alamat : Jl. Haji Naman No. 10, Bekasi Barat, Kota Bekasi
  • Telepon : 0816-996-274

2. Tavi Garage

  • Alamat : Jl. Gaharu Blok F5 No. 10A, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi
  • Telepon : 0812-1028-513

3. Toklar Body Repair

  • Alamat : Jl. Suluki Cempaka No. 15A, Jati Bening Baru, Pondok Gede, Kota Bekasi
  • Telepon : 0812-9007-1277 atau 0818-0606-3355

Temukan bengkel terdekat untuk mengatasi AC mobil bau melalui aplikasi Otoklix. Dengan demikian, OtoFriends akan mendapatkan layanan yang maksimal sehingga mobil kembali nyaman dan aman saat digunakan untuk perjalanan jauh. 

Jika ingin menghemat waktu, lakukan booking online melalui aplikasi Otoklix sehingga tak perlu antre berlama-lama di bengkel. 

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar AC Mobil Bau :

Penyebab pertama AC bau sehingga menjadi tidak dingin adalah evaporator AC mobil penuh dengan kotoran serta berlendir.

Penyebab paling mengganggu dan cukup fatal dari AC mobil bau adalah adanya bangkai binatang yang masuk ke dalam komponen AC.

Cara perawatan AC mobil supaya tidak mudah bau adalah mengisi freon yang mau habis. Selain dapat menghilangkan bau, freon juga dapat mengembalikan udara dingin AC yang sebelumnya sempat hilang.

.