Planetary gears merupakan salah satu komponen penting pada mobil karena fungsinya dalam mengatur serta menjalankan sistem transmisi pada mobil, terutama untuk transmisi otomatis. 

Disebut planetary gears karena komponen ini memiliki susunan gigi gear yang bentuknya menyerupai tata surya. 

Agar lebih memahami tentang planetary gears, berikut ini ulasan lengkap planetary gear mulai dari pengertian, komponen, hingga fungsi dan cara kerjanya. 

Apa Itu Planetary Gears?

Pengertian planetary gears adalah satu set roda gigi yang tersusun dalam beberapa komponen penting seperti sun gear, ring gear, dan beberapa roda gigi lainnya.  Komponen-komponen ini saling terhubung seperti susunan planet pada tata surya. 

Planetary gears memiliki peranan yang sangat penting, utamanya pada mobil transmisi otomatis untuk mengatur kecepatan mobil serta mengatur gerak mobil. Sebagian besar mobil terbaru dengan transmisi otomatis menggunakan planetary gears ini. 

Planetary gears juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya adanya distribusi beban pada roda gigi yang bisa mentransfer torsi tinggi dengan desain yang lebih simpel. 

Fungsi Planetary Gears

Fungsi utama dari planetary gears adalah mengatur sistem transmisi mesin mobil. Dengan adanya komponen planetary gears, pengendara jadi lebih mudah dalam mengatur kecepatan mobil, seperti menaikkan kecepatan dan juga menurunkan kecepatan. 

Selain itu, dengan komponen planetary gears, pengendara juga bisa mengatur momen mesin dan gerak mobil, apakah mobil akan maju atau mundur. 

Selain digunakan untuk mobil, planetary gears juga biasanya digunakan untuk menjalankan berbagai sistem, contohnya pada alat-alat berat, sistem penggerak untuk helikopter dan pesawat, hingga sistem penggerak untuk turbin angin.

Di bidang industri, planetary gears juga berfungsi untuk menggerakan sistem lainnya, seperti menggerakkan robot, alat-alat berat, mesin pemotong, hingga untuk meja operasi. 

Komponen Planetary Gears

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada tiga komponen utama planetary gears yang berputar pada porosnya masing-masing. Berikut ini penjelasan dan juga fungsinya. 

1. Ring Gear

Posisi ring gear ini terletak di paling luar dan memiliki peranan penting, yakni sebagai tuas untuk semua komponen gear set. Ring gear ini juga sering disebut sebagai annulus gear. 

Dalam pemasangannya, ring gear ini terhubung atau bertautan dengan pinion gear.  Pinion gear juga saling bertautan dengan gear pusat.  Oleh sebab itu, kerja ring gear ini juga nantinya akan dipengaruhi oleh gear pusat yang bekerja sebagai poros. 

2. Sun Gear

Komponen yang kedua adalah sun gear. Seperti namanya, sun gear diibaratkan seperti matahari dalam sistem tata surya, yakni menjadi pusat pada planetary gears. 

Peranan sun gear adalah sebagai poros atau pusat untuk semua komponen dalam planetary gears. Sun gear ini dirancang dengan dua jenis model, yakni model helical gear atau spur gear. 

Berbeda dengan ring gear yang jumlahnya banyak, sun gear memiliki jumlah gigi yang paling sedikit. 

3. Planetary Pinion Gear

Komponen terakhir dari planetary gears adalah planetary pinion gear.  Letak komponen ini yakni mengelilingi poros pusat dan saling terhubung atau bertautan dengan gigi lainnya. 

Diameter planetary pinion gear lebih kecil dari sun gear. Untuk susunan kerangka, biasanya disebut dengan planetary carrier.  Untuk pemasangan, pinion gear ini melingkari sun gear dan dilingkari oleh ring gear. 

Bahan kerangka pinion gear ini dibuat dari besi campuran di mana pada ujungnya ada shaft yang fungsinya sebagai poros ketika pinion gear berputar. 

Cara Kerja Planetary Gears

Setelah memahami pengertian, fungsi, dan komponen dari planetary gears, kini saatnya OtoFriends juga memahami cara kerja dari planetary gears. 

Berdasarkan ulasan di atas, komponen-komponen pada planetary gears saling terhubung satu sama lain dan akan bekerja sesuai dengan perintah. Cara kerjanya yakni dapat berputar dan ditahan. 

Sebagai contoh, apabila komponen ring gear ditahan, maka kecepatan mobil bisa mencapai maksimal, sehingga torsi pun meningkat. 

Sebaliknya, apabila komponen sun gear ditahan, maka ring gear akan bekerja sebagai penggerak dan kecepatan kendaraan yang dihasilkan berkurang. 

Kecepatan maksimum juga akan didapatkan apabila ring gear ditahan dan sun gear bekerja sebagai output. 

Tips Merawat Planetary Gears

Berdasarkan ulasan yang sudah dijabarkan, diketahui jika komponen pada planetary gears cukup banyak dan saling terhubung. Oleh sebab itu, komponen ini harus dirawat dengan benar dan juga intensif. 

Tips merawat planetary gears agar kinerjanya terus bagus adalah dengan rutin membersihkan gear. Mengingat kerjanya saling terhubung, tentu bisa membuat gear jadi mudah kotor. 

Jika jarang dibersihkan, otomatis akan mengganggu proses kerja planetary gears. Komponen-komponennya mungkin akan sulit berputar atau macet. Akibatnya, pengendara akan kesulitan dalam mengatur kecepatan dan juga menggerakkan kendaraan.

Selain dibersihkan, jangan lupa untuk rutin memberikan pelumas. Sebab, seiring waktu penggunaannya, transmisi bisa mengalami aus, sehingga harus tetap diberi pelumas.

Kamu bisa melakukan perawatan untuk planetary gears di bengkel mobil terdekat. Cek rekomendasi bengkel mobil yang bagus melalui Otoklix!

OtoFriends dapat menghubungi OtoBuddy untuk informasi lebih lanjut terkait layanan servis dan perawatan mobil. Gunakan aplikasi booking servis mobil Otoklix untuk menemukan lokasi bengkel terdekat dari tempat OtoFriends berada.

Pertanyaan Seputar Planetary Gears

Biasanya, planetary gears akan ditemukan pada mobil dengan transmisi otomatis. Namun, OtoFriends bisa menanyakan pada pihak dealer mobil saat akan melakukan pembelian.

Umumnya, harga planetary gears ini memang lebih mahal. Hal ini karena komponen planetary gears lebih kompleks dan banyak dibandingkan jenis transmisi lainnya.

Sama seperti gigi lainnya, planetary gears juga membutuhkan pelumas agar bisa bekerja dengan maksimal dan bagus. Pastikan OtoFriends melakukan perawatan rutin, ya.