Mobil solar paling irit di Indonesia saat ini sedang banyak dicari. Karena pada akhir tahun 2022 kemarin Pertamina secara resmi menaikkan harga BBM subsidi di Indonesia. Sejak saat itu konsumen mencari mobil dengan konsumsi BBM yang rendah guna menghemat biaya transportasi.

Di Indonesia, mobil bermesin diesel memang tidak sebanyak mobil bermesin bensin. Mesin diesel lebih banyak digunakan pada kendaraan komersial seperti bus dan truk. Tetapi pada artikel kali ini Otoklix akan memberikan rekomendasi mobil solar paling irit beserta dengan harganya. Simak sampai akhir agar bisa mendapatkan mobil mesin diesel yang terbaik.

Mobil Solar Paling Irit di Indonesia

Mobil dengan mesin solar selain irit bahan bakar, torsi yang dihasilkan lebih besar. Inilah mengapa mobil mesin solar cocok untuk mobil harian yang irit, bertenaga dan tentunya tidak membuat kantong jebol.

Berikut rekomendasi mobil solar paling irit versi Otoklix

1. Isuzu Panther

Siapa yang tidak kenal dengan mobil Isuzu Panther. Mobil solar paling irit bermesin diesel legendaris ini walaupun tahun tua tetap dicari hingga sekarang. Bahkan harganya cenderung stabil karena peminatnya sampai sekarang masih banyak. Apalagi mesin Isuzu Panther tergolong bandel dan perawatan mudah.

Isuzu Panther memiliki julukan “Si Rajanya Diesel”, karena jika mencari mobil diesel, Panther menjadi rekomendasi pertama. Mesin Panther generasi terbaru menggunakan mesin 4 silinder berkode 4JA1 berkapasitas 2.500 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 80 PS dengan torsi melimpah 191 Nm. Konsumsi solar Isuzu Panther generasi terbaru mencapai 12 km/liter.

Harga mobil Isuzu Panther bekas tahun muda sekitar Rp200 jutaan. Karena generasi Panther sudah tidak diproduksi lagi. Untuk Isuzu Panther tahun lama, mungkin kamu bisa mendapatkannya dengan harga dibawah Rp100 jutaan, bisa jadi pilihan mobil solar murah yang bandel.  

2. Kijang Innova Reborn 

Selain Panther, Toyota Kijang Innova Reborn mesin diesel juga tidak kalah sepi peminatnya. Walaupun ada versi mesin bensin, Innova diesel tetap menjadi incaran banyak orang. Untuk tipe diesel, kamu bisa mencari Kijang Innova seri G dan V, ada dua pilihan transmisi manual dan otomatis.

Innova Reborn bermesin diesel menggunakan mesin diesel berkode 2GD-FTV common-rail dengan tenaga 149 dk dan torsi 360 Nm. akselerasi 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam 12,1 detik. Konsumsi BBM Innova Reborn diklaim 13 km/liter untuk rute dalam kota.

Kijang Innova Reborn versi baru sekarang sudah tidak tersedia. Karena Toyota sudah menggantinya dengan Innova Zenix bermesin hybrid. Kamu bisa mendapatkan Innova Reborn mesin diesel paling murah Rp240 jutaan. Jika ingin yang lebih murah, kamu bisa cari Kijang Innova generasi sebelumnya. Banyak yang menyebut bahwa Innova menjadi mobil solar terbaik untuk saat ini.

Baca juga: 8 Rekomendasi Oli Mobil Diesel Terbaik serta Harganya

3. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport masuk dalam kategori Big SUV. Mobil solar dari Mitsubishi ini tersedia dalam pilihan penggerak 4×2 atau 4×4 dengan transmisi otomatis dan manual. Untuk varian diesel, kamu bisa memilih tipe Pajero Sport Exceed, GLX, Dakar dan Ultimate.

Pajero Sport Diesel menggunakan mesin diesel berkode 4N15 2.4 Liter Mivec Turbocharged dan Intercooled. Tenaga yang dihasilkan mencari 181 PS dengan torsi 430 Nm. Konsumsi BBM Pajero Sport Diesel 11 km/liter. Dengan body yang besar khas SUV, tentu ini tergolong.

Harga Mitsubishi Pajero Sport diesel terbaru saat ini paling murah harga Rp547 juta. Opsi lainnya kamu bisa mencari Pajero Sport tahun lama dengan harga mulai dari Rp180 jutaan.

4. Toyota Fortuner 

Toyota Fortuner merupakan rival berat dari Pajero Sport, mobil ini dijual dengan segmen yang sama.  Fortuner sebenarnya memiliki versi mesin bensin, tetapi mesin dieselnya yang paling banyak peminatnya. 

Fortuner bermesin diesel tersedia pada tipe G, VRZ, dan GR Sport dengan pilihan penggerak 2 roda dan 4 roda. Tahun 2022 kemarin Toyota memberikan pilihan mesin diesel yang lebih bertenaga berkapasitas 2.8 Liter. Mesin 2.800 cc berkode 1GDFTV ini bisa menghasilkan tenaga 201 HP dan torsi 499 Nm. Untuk mesin standar 2.400 cc menghasilkan tenaga 147 HP dan torsi 400 Nm.

Konsumsi BBM Toyota Fortuner Diesel sekitar 12 km/liter. sedangkan untuk harga Toyota Fortuner Diesel mulai dari Rp548 juta. Pilihan lain kamu bisa mencari Fortuner generasi sebelumnya dengan harga mulai dari Rp120 juta.

Baca juga: Harga Mesin Mobil Diesel Bekas di Pasaran

 5. Isuzu MU-X

Walaupun tidak setenar Pajero Sport dan Fortuner, Isuzu MU-X menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mobil solar paling irit kategori SUV. Mobil dari Isuzu ini menggunakan mesin yang lebih kecil yaitu 1.900 cc dengan tenaga 150 HP dan torsi 350 Nm.

Sampai saat ini, Isuzu MU-X diimpor langsung dari Thailand dan hanya tersedia dalam satu pilihan mesin otomatis 6 percepatan. Mobil ini siap menjadi partner kerja untuk medan yang berat. Kelebihan Isuzu MU-X bisa menggunakan solar biasa dan konsumsi BBM Isuzu MU-X sekitar 14 km/liter. Harga Isuzu MU-X terbaru saat ini Rp581 juta.

6. Suzuki Ertiga 

Suzuki Ertiga Diesel populasinya memang tidak sebanyak Ertiga bensin biasa. Ada beberapa alasan yang menjadikan mobil solar Suzuki ini langka di pasaran. Walaupun secara konsumsi BBM mobil solar tergolong irit, mobil ini kalah dengan Ertiga biasa.

Mesin Suzuki Ertiga Diesel berkode D13A berkapasitas 1.248 cc dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 88 HP dan torsi 200 Nm. Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel mencapai 22,6 km/liter. Harga bekas Ertiga Diesel Hybrid mulai dari Rp130 jutaan sekarang ini.

7. Chevrolet Spin 

Mobil MPV Diesel? Coba pilih Chevrolet Spin Diesel. Walaupun mobil ini stop produksi tidak dilanjutkan oleh Chevrolet, peminatnya lumayan banyak. Menggunakan mesin yang sama dengan Ertiga Diesel hasil kerjasama antara General Motors dan Fiat Group. Kamu bisa mendapatkan mobil Chevrolet Spin Diesel bekas mulai dari Rp80 jutaan.

8. Hyundai H1 

Hyundai H1 merupakan mobil Big MPV bersaing dengan Toyota Alphard, Nissan Elgrand, Nissan Serena, Toyota Voxy dan Honda Odyssey. Tetapi yang membedakan, Hyundai H1 menggunakan mesin diesel yang tidak dimiliki oleh para kompetitor.

Hyundai H1 memiliki kelebihan kabin yang luas dan nyaman, handling yang nyaman dan pilihan mesin diesel. Hyundai H1 menggunakan mesin diesel 2,5 liter CRDi VGT turbodiesel dengan tenaga 170 HP dan torsi 392 Nm transmisi otomatis 5 percepatan. Konsumsi BBM Hyundai H1 diesel sekitar 10 km/liter. Harga Hyundai H1 diesel bekas saat ini mulai dari Rp200 jutaan, sedangkan Hyundai H1 baru mulai dari Rp505 juta.

9. Hyundai Santa Fe

Hyundai Santa Fe Diesel merupakan SUV dengan harga barunya mulai dari Rp661 juta, diatas harga Pajero dan Fortuner. Mesin diesel pada Santa Fe berkapasitas 2.151 cc dengan tenaga 191 HP dan torsi 441 Nm. Konsumsi BBM Hyundai Santa Fe Diesel sekitar 14 km/liter, lebih irit dibanding Big SUV lain.

Baca juga: Daftar 10 Mobil Mesin Diesel serta Plus Minusnya

10. Chevrolet Captiva 

Terakhir, kami merekomendasikan Chevrolet Captiva sebagai pilihan mobil solar paling irit. Mobil diesel Chevrolet ini memang sudah tidak ada barunya lagi di Indonesia karena sudah disuntik mati. Mobil ini bersaing dengan Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Suzuki Grand Vitara di Indonesia. 

Chevrolet Captiva diesel pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2008 dengan mesin 2.000 cc dengan teknologi Variable Geometric Common Rail Direct Injection (VCDi) transmisi 6 percepatan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 150 HP dan torsi 310 Nm. konsumsi BBM Chevrolet Captiva Diesel sekitar 8 km/liter. Harga bekas Chevrolet Captiva VCDi mulai dari Rp130 jutaan.

Bagaimana OtoFriends, sudah menemukan pilihan mobil yang sesuai dengan kebutuhan? Perbedaan mobil solar dan bensin paling mendasar terletak pada ketangguhan mesin, torsi yang lebih besar dan irit BBM. Pada artikel kali ini kami membahas khusus mobil penumpang, bukan mobil komersial. 

Jangan lupa untuk selalu melakukan service rutin dan ganti oli secara berkala. Kamu bisa booking servis di Bengkel Otoklix untuk berbagai servis rutin tersebut. Yuk coba sekarang!

Pertanyaan Seputar Mobil Solar Paling Irit

Mobil solar memiliki konsumsi BBM lebih irit dan tenaga yang lebih besar.

Mobil dengan BBM solar seperti Kijang Innova, Pajero Sport, Toyota Fortuner, Isuzu MU-X, Hyundai Santa Fe, Isuzu Panther dan lainnya.

Karena mesin diesel lebih tangguh, kuat, torsi lebih besar dan irit BBM.