Performa mobil dapat dipastikan terganggu apabila mesin mobil mengalami gangguan. Misalnya, mesin kotor menyebabkan kinerja mesin bermasalah. Agar performa mobil tidak terganggu, simak beberapa cara membersihkan mesin mobil berikut ini.

Cara membersihkan mesin mobil

Dengan mengetahui cara membersihkan mesin mobil yang benar, OtoFriends bisa mencegah terjadinya kerusakan. Jika terjadi kesalahan akan berakibat fatal, bukan hanya pada bagian mesin, melainkan juga komponen kelistrikan. Berikut cara membersihkan mesin mobil yang bisa OtoFriends ikuti!

1. Persiapkan alat dan bahan

Cara membersihkan mesin mobil yang pertama adalah siapkan semua bahan untuk membersihkan mesin mobil. Di antaranya cairan pembersih ruang mesin mesin, air sabun, degreaser, sikat, kuas, dan kain lap. Jika ada, tambahkan alat steam uap dan blower untuk mempercepat pembersihan mesin mobil.

2. Pastikan mesin dalam kondisi dingin

Cara membersihkan mesin mobil yang kedua adalah memastikan mesin mobil dalam kondisi dingin. Jika mesin masih panas, tunggu hingga dingin terlebih dahulu.

3. Bersihkan debu di ruang mesin mobil

Setelah mesin mobil dingin, mulai bersihkan ruang mesin. Pertama, bersihkan debu-debu dan kotoran ringan yang menempel di permukaan mesin. OtoFriends bisa menggunakan blower, lalu lanjutkan pembersihan mesin dengan kuas.

4. Lepaskan aki mobil

Cara membersihkan mesin mobil selanjutnya adalah melepaskan aki mobil. Dengan demikian, OtoFriends bisa mengakses bagian bawah dengan aman. Simpan aki mobil di tempat yang kering. Selain itu, amankan baut dan komponen  lain yang dirasa penting untuk pemasangan kembali aki serta kabel-kabelnya.

5. Bersihkan bagian bawah kap mesin

Cara membersihkan mesin mobil selanjutnya adalah bersihkan bagian bawah kap mesin. Ini penting dilakukan sebelum membersihkan komponen mesin. OtoFriends bisa memanfaatkan cairan pembersih, lalu bersihkan kotoran dengan sikat dan kuas. Kemudian, bilas dengan air perlahan-lahan agar cipratan air tidak mengenai bagian penting. Terakhir, lap dengan microfiber atau plas chamois.

Baca juga: Catat! Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar dan Aman

6. Bersihkan menggunakan steamer

Apabila OtoFriends memilih membersihkan mesin mobil menggunakan steamer, fokuskan pembersihan di bagian permukaan yang lebar dahulu. Semprotkan steamer di bagian yang akan dibersihkan. Apabila kotoran membandel, gunakan degreaser untuk melunturkannya.

Bersihkan permukaan mesin yang besar dahulu, baru kemudian bersihkan bagian sempit hingga ke sela-sela mesin.

7. Bersihkan bagian depan mesin mobil

Apabila ruang mesin mobil keseluruhan sudah bersih, selanjutnya bersihkan bagian depannya. Lepaskan grill depan, baru bersihkan seperti cara membersihkan ruang mesin mobil di atas.

8. Keringkan bagian yang sudah dibersihkan

Setelah membersihkan mesin mesin, keringkan bagian-bagian yang sudah dibersihkan. Ini penting dilakukan agar air yang tersisa tidak menimbulkan karat di komponen mesin. Gunakan lap microfiber untuk mengeringkan bagian-bagian tersebut.

9. Pasang kembali aki

Cara membersihkan mesin mobil yang terakhir adalah pasang kembali aki. Kemudian, coba nyalakan mesin dan dengarkan apakah ada masalah. Apabila bunyi mesin sudah normal, matikan kembali.

Bagian-bagian mesin mobil yang harus dibersihkan

Ruang mesin adalah tempat mesin beroperasi. Oleh sebab itu, ruang mesin harus dibersihkan secara teratur. Berikut bagian-bagian mesin mobil yang harus dibersihkan.

1. Dinding ruang mesin mobil

Dinding ruang mesin adalah kap yang sering dibuka. Bersihkan dinding ruang mesin mobil dengan hati-hati, jangan sampai terkena kabel atau bagian mesin lainnya. Dinding ruang mesin mobil harus rutin dibersihkan karena banyak dihinggapi debu, uap, hingga bekas oli.

2. Kap mesin bagian dalam

Oli dan debu banyak yang menumpuk di kap mesin bagian dalam. Kinerja mesin akan terhambat jika tidak rutin dibersihkan. Cara membersihkan mesin mobil ini adalah basuh bagian luar dengan lap basah.

3. Plastik penutup komponen mesin mobil

Plastik penutup komponen mesin adalah bagian dari penutup saringan udara yang kerap dipenuhi debu. Debu bisa masuk ke mesin mobil apabila dibiarkan terlalu lama. Oleh sebab itu, harus rutin dicuci dan dibersihkan.

4. Tabung air wiper dan minyak pada rem

Bagian ini banyak mengandung minyak yang menempel. Kotoran minyak dapat menempel karena tabung berbentuk rongga sehingga mudah dimasuki oleh minyak. Gunakan degreaser atau shampoo mobil untuk membersihkannya.

5. Slang di ruang mesin

Slang di ruang mesin biasanya dihinggapi debu, minyak, bahkan serangga. Kotoran yang banyak menempel di bagian ini bisa dibersihkan asalkan komponen elektrik diamankan terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil Aman dan Awet

Manfaat membersihkan mesin mobil

Setelah mengetahui beberapa cara membersihkan mobil di atas, OtoFriends juga perlu tahu manfaat membersihkan mobil. Simak penjelasan berikut ini!

1. Pelepasan panas pada mesin mobil tidak terhambat

Kotornya mesin mobil biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya tetesan oli mesin, debu dari komponen mesin lain, kotoran, limbah radiator mesin, limbah AC, hingga kotoran serangga. Kotoran-kotoran itu akan menghambat pelepasan panas pada mesin. Oleh sebab itu, membersihkan mesin mobil dengan rutin tentu bisa melancarkan pelepasan panas pada mesin.

2. Komponen mesin tidak mengalami aus

Ada banyak komponen mesin mobil yang rentan aus. Di antaranya dinamo, power steering, belt AC, ACG, dan lain-lain. Komponen-komponen mesin itu tidak akan aus apabila mesin mobil rutin dibersihkan.

3. Kerja kipas radiator terasa ringan

Kinerja kipas radiator juga akan terasa ringan jika OtoFriends ruti membersihkan mesin mobil. Selain itu, mesin mobil juga tidak cepat panas.

Baca juga: Rawat Kendaraan dengan Membersihkan Mesin Mobil Secara Rutin

4. Konektor listrik lebih terjaga

Manfaat membersihkan mesin mobil adalah konektor listrik lebih terjaga. Sebab, mobil terdiri dari banyak komponen yang terhubung satu sama lain. Jika ada satu komponen bermasalah, itu akan mempengaruhi komponen lainnya.

Kerusakan yang terjadi pada mesin mobil bisa berakibat fatal dan menguras biaya perbaikan yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, cegah kerusakan mesin mobil dengan membersihkan mesin mobil secara teratur. Apabila OtoFriends tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakannya sendiri, gunakanlah jasa bengkel terdekat. Unduh aplikasi Otoklix, lakukan booking online untuk mendapatkan perawatan mobil tanpa antrian.

Pertanyaan Seputar Cara Membersihkan Mesin Mobil

Mesin mobil bisa dibersihkan dengan sikat atau kuas. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan cairan pembersih mobil atau cairan pembersih serbaguna lainnya.

Kap mesin mobil boleh dicuci menggunakan air, namun cukup basuh tipis-tipis dengan kuas atau lap microfiber. Sebaiknya air tersebut dicampur terlebih dahulu dengan cairan khusus penghilang noda oli, grease, dan debu.

Membersihkan mesin mobil dengan cara di-steam bukanlah cara yang tepat. Sebab, ruang mesin mobil banyak mengandung komponen kelistrikan. Menggunakan steam pada mesin mobil tentu berbahaya.